PESAN ►► Bagi Pengunjung Yang Ingin Melakukan Copy - Paste Artikel Yang Ada Di Blog Ini Mohon Menyertakan Sumber Atau Link Dari Artikel atau Tutorial yang Terdapat pada setiap akhir Dari Postingan

Minggu, 14 Agustus 2011

Cara melakukan cut audio dengan rapi dengan Adobe Audition

print this page Print This Page

Proses manipulasi suara atau audio tidak jauh dari proses cut atau pemotongan bagian suara. Pemotongan dan pengambilan bagian suara tersebutpun banyak tujuannya, salah satunya adalah untuk digunakan sebagai nada dering atau ringtone. Tentunya kalo dipakai apa adanya tanpa adanya sentuhan tambahan pastinya nada dan suara yang dihasilkan tidaklah bagus, masih terkesan kaku. Oleh karena itu, maka pada kesempatan kali ini saya akan sharing bagaimana cara melakukan cut audio atau suara agar didapat hasil yang rapi.

Cut adalah proses memotong bagian-bagian lagu, seperti mengambil reff lagu buat dijadikan ringtone, dsb.

Ok, pertama anda harus menentukan dulu bagian mana lagu yang akan di cut. tinggal geser pointer kuning terus tekan spasi (shortcut default buat play) maka lagu pada bagian tersebut akan di play. tekan F8 untuk membuat tanda, namanya cue. Kemudian tentukan akhir lagu lalu tekan lagi F8, maka akan muncul cue lagi. Lalu, bagian yang tidak diperlukan bisa dihapus dengan men-drag pointer kuning menutupi bagian tersebut kemudian tekan delete.

Sekarang kita sudah memiliki audio pilihan yang kita cut. Tinggal memberi sentuhan akhir yaitu fade point. Fade poit terdiri dari 2 jenis yaitu fade in dan fade out. Fade in artinya suara kecil ke besar sedangkan fade out sebaliknya. Pengaturan mengenai fade ini telah otomatis ada di tab favorites. Cara pakainya, anda seleksi dulu sedikit saja bagian awal lagu kemudian klik 2x pada tulisan fade in di tab favorites. Lakukan hal yang sama dengan akhir lagu namun dengan menggunakan fade out, kira-kira hasilnya begini.


Fade in dan fade out disini maksudnya supaya lagu tidak dimulai dan diakhiri secara tiba-tiba sehingga lebih bagus. Nah, setelah anda selesai mengedit saatnya anda save. Perlu diperhatikan save ada 2 pilihan yaitu save dan save as. Kalau anda pilih save (ctrl +s) maka file asli akan tertimpa dan diganti dengan file hasil editan tadi, sedangkan kalau anda pilih save as (ctrl + shift + s) maka lagu asli tidak di overwrite dan audition akan membuat file baru dari editan anda.

Default save option pada audition adalah audio master yang tidak di kompres (*.wav). File ini bisa sangat besar (mengingat tidak di kompres tadi).



Sumber : sumber : http://blog-tutorial-menarik.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar




Dapatkan UANG dalam bentuk rupiah atau Dollar dari Bisnis Online Gratisan di bawah ini. Anda hanya perlu mendaftar, caranya dengan mengklik BANNER di bawah ini :